Contoh Penulisan Skripsi BAB 1 Amikom Yogyakarta

Posted by Unknown on Tuesday, November 17, 2015


BAB I 
PENDAHULUAN

Latar Belakang Masalah


Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi berlangsung secara evolutif. Yaitu terus mengalami kemajuan yang sangat pesat, sehingga akan selalu ada inovasi baru dalam menciptakan suatu produk yang akan mempermudah manusia dalam melakukan komunikasi dan mendapatkan informasi. Pada saat sekarang ini tanpa disadari semua kalangan dari anak kecil, pelajar, mahasiswa, pedagang atau pengusaha sangat bergantung dengan teknologi informasi dan komunikasi yang akrab kita dengar dengan nama internet. Dimana kita dapat dengan mudah mendapatkan suatu informasi dalam waktu singkat dan dapat saling berhubungan dengan orang lain di tempat jauh tanpa ada batasan jarak dan waktu.
Kemajuan teknologi internet dapat dibuktikan dengan munculnya berbagai aplikasi berbasis web yang semakin mempermudah kinerja manusia, di antaranya jejaring sosial, website pemesanan tiket, website untuk cek resi pengiriman barang, website jual beli online dan berbagai aplikasi lain nya berbasis web yang dapat mempermudah penggunanya karena memungkinkan pengguna mengakses nya dari manapun dan kapanpun dengan fasilitas internet. Sehingga banyak perusahaan dan kantor yang memanfaatkannya untuk mengelola atau mengembangkan bisnisnya.
Patraniaga merupakan anak perusahaan dari Pertamina yang khusus bergerak di bidang usaha sektor hilir industri minyak dan gas. Dimana perusahaan ini akan terus berkembang karena pertumbuhan penduduk dan kebutuhan akan minyak bumi yang semakin meningkat. Sehingga dengan semakin besarnya perusahaan Patraniaga, maka semakin rumit juga dalam mengelola perusahaan, termasuk di dalam hal managemen asset perusahaan dan fasilitas kantor untuk pegawainya. Proses peminjaman barang serta pengelolaannya di perusahaan patraniaga masih menggunakan proses manual, proses ini mengakibatkan lambatnya administrasi dan sering menimbulkan masalah di lapangan.
Dengan perkembangan teknologi saat ini memungkinkan proses manajemen asset dan fasilitas kantor menjadi lebih mudah dengan memanfaatkan internet. Pengguna dapat melakukan peminjaman melalui media browser dan internet dimanapun dan data peminjaman akan tersusun rapi di database website tersebut. Sehingga data lebih terstruktur dan efisien waktu.

Rumusan Masalah

Rumusan  masalah  yang  di  timbulkan  atas  dasar  prinsip  latar  belakang masalah  adalah  sebagai  berikut  :
Bagaimana pegawai dan karyawan patraniaga dapat melakukan peminjaman asset dan fasilitas kantor melalui media website.
Bagaimana perusahaan dapat memanajemen asset dan fasilitas kantor dengan lebih terstruktur dan efisien waktu.
Batasan Masalah

Mengingat  permasalahan  yang  cukup  komplek  serta  untuk  menghindari meluasnya  ruang  lingkup  masalah,  maka  dalam  penelitian  ini  dibatasi  pada beberapa masalah, diantaranya :
Pengguna  aplikasi dapat melakukan permohonan peminjaman asset dan fasilitas kantor secara online.
Atasan dapat melakukan persetujuan permohonan melalui e-mail yang di kirim dari aplikasi.
Software  yang  digunakan  untuk  membangun  aplikasi  tersebut adalah Microsoft Visual Studio 2013 dan SQL Server.

Tujuan Penelitian

Memuat uraian maksud dari keinginan penulis yang hendak di capai, maka tujuan dari pembuatan skripsi ini adalah sebagai berikut :
Sebagai salah satu syarat menyelesaikan pendidikan Strata-1 pada jurusan Teknik Informatika STMIK “AMIKOM” YOGYAKARTA.
Mengimplementasikan ilmu yang telah di dapat oleh penulis pada Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer AMIKOM Yogyakarta.
Dapat  membuat  aplikasi  untuk  peminjaman asset dan fasilitas kantor berbasis web.

Manfaat Penelitian

Adapun manfaat dari penelitian adalah  untuk menjawab berbagai masalah yang telah dirumuskan diantaranya:
Membantu pengguna aplikasi mengajukan permohonan peminjaman asset dan fasilitas kantor dengan media website.
Membantu  perusahaan dalam mengelola asset dan fasilitas kantor agar lebih ringkas dan terstruktur melalui dashboard website.
Merancang  aplikasi  yang  berguna  dan  bermanfaat  bagi  pihak  yang membutuhkan dan suatu karya bagi penulis.
Memperdalam  pengetahuan  penulis  tentang  ilmu  pemrograman  website dan ikut serta dalam mengembangkan teknologi informasi.

Metode Penelitian

Adapun  metodologi  penelitian  yang  digunakan  oleh  penulis  dalam menyelesaikan skripsi ini adalah sebagai berikut :
Studi Literatur
Merupakan metode yang dilakukan dengan memanfaatkan literatur yang tersedia, seperti memanfaatkan fasilitas internet yaitu dengan mengunjungi situs web yang berhubungan dengan masalah yang dihadapi oleh penulis. Serta mengumpulkan referensi dari buku-buku yang tersedia.

Metode Kepustakaan
Metode  ini  dilakukan  dengan  cara  membaca  buku,  jurnal  serta  karya ilmiah sebagai bahan pertimbangan dalam penyusunan data penulis.
Analisis
Metode  ini  dilakukan  dengan  menganalisa  permasalahan  yang  dihadapi Perusahaan Pertamina Patraniaga sehingga dapat menyelesaikannya dengan baik.
Perancangan Sistem
Tahap  ini  merancang  sistem  yang  akan  dibuat  berdasarkan  hasil  analisa yang telah dilakukan.
Pembuatan Program
Tahap ini melakukan implemetasi dari hasil perancangan sistem yang telah dilakukan.
Pengujian Program
Pada tahap ini dilakukan pengujian program apakah sudah berjalan dengan baik atau belum, dan dapat di gunakan sesuai harapan.

Sistematika Penulisan

Sistematika  Penulisan  yang  digunakan  penulis  untuk  menyusun  dan menyelesaikan skripsi ini adalah sebagai berikut :


BAB I : PENDAHULUAN
Bab  ini  berisi  tentang  latar  belakang  masalah,  rumusan  masalah,  batasan masalah,  tujuan  penelitian,  manfaat  penelitian,  metode  penelitian, sistematika penulisan laporan penelitian.
BAB II : LANDASAN TEORI
Bab ini berisi tentang teori-teori yang menjadi dasar media pembelajaran
serta yang mempunyai hubungan dalam pembuatan aplikasi dan  software
yang digunakan.
BAB III : ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM
Bab  ini  membahas  pengumpulan  kebutuhan,  analisis  dan  perancangan, perancangan  antarmuka  serta  penjelasan  tentang  perancangan  perangkat lunak yang di bangun.
BAB IV : IMPLEMENTASI DAN PEMBAHASAN SISTEM
Bab  ini  membahas  tentang  bagaimana  aplikasi  digunakan  serta memaparkan hasil-hasil dan tahapan-tahapan penelitian, dari tahap analisa, perancangan sistem, pembuatan program, dan pengujian program.
BAB V : PENUTUP
Bab  ini  membahas  kesimpulan  yang  dapat  diambil  oleh  peneliti berdasarkan hasil dari rumusan masalah dalam perancangan aplikasi yang telah dibuat.

{ 0 comments... read them below if any or add comment }

Post a Comment