Cara Berburu Ular

Posted by Unknown on Wednesday, April 23, 2014
berikut ini admin akan membahas mengenai Cara Berburu Ular secara umum dan insyaallah bisa memberikan gambaran bagaimana mengenali habitat ular, tempat nya dia tidur, bagaimana sarang ular dan waktu yang tepat untuk berburu ular. disini admin adalah seorang yang hobby dan sangat menggemari binatang apapun itu, salah satunya ular. karenanya admin biasa menyempatkan waktu hunting ular-ular lokal di waktu senggang sebagai mahasiswa.
cara berburu ular

perlu di ketahui bahwa sifat ular akan berbeda tiap daerah, dan admin akan merangkum beberapa kesimpulan dari pengalaman pribadi berburu ular di daerah yogyakarta bagian utara.

Waktu Ular Berjemur

  • Pagi Hari antara jam 08.00-09.30
    ular jenis gonyo, pucuk/gadung, koros, tampar dan berbagai ular lain berjemur di bawah sinar matahari
  • Sore Hari antara jam 16.00-17.30
    ular seperti di atas juga sering di temui sedang berjemur dan di tambah lagi python/retic beberapa kali saya temukan ketika sore hari sedang menjemur diri. waktu sore seperti ini adalah waktu untuk berjemur ular yang aktif di malam hari (nocturnal) maupun yang aktif di siang hari
  • malam Hari antara jam 18.00-19.00
    banyak ular yang sering terlihat menghangatkan diri di jalan raya seperti ular Xenodropis Triangulairus/ segitiga merah, ular jali, boiga cynodon, ular siput dan lain sebagainya.
Tempat Ular Bersantai dan Tidur
  • Pepohonan Tepi Sungai
    pohon tepi sungai yang jarang di lalui manusia ini adalah habitat strategis bagi banyak ular pohon.
    - pohon yang banyak memiliki cabang dan posisinya agak menjorok biasanya di gunakan untuk bersantai di siang hari dan tidur di malam hari oleh ular pucuk, tampar, koros dan berbagai ular lain.
    - pohon bambu yang posisinya menjorok biasa saya temukan ular jenis gonyo dengan posisi bersantai atau tidur yang lumayan tinggi
    - ranting-ranting di atas sungai biasa saya temukan segitiga merah, picung dan beberapa ular lain nya
  • Persawahan
    - Tanggul kecil pembatas sawah atau galengan yang memiliki lobang dan tekstur tanah yang padat tetapi sedikit gembur biasa saya dapati cobra yang bersembunyi di dalam lubang tanah.
    - cekungan air di sawah yang berlumpur sering saya dapati ular jenis kadut/ buhu.
    - persawahan yang sedikit tergenang air dan berlumpur tempat ular bandotan macan atau bandotan tutul mencari makanan. di malam hari tempat seperti ini juga beberapa kali saya temui ular cincin emas, cincin perak dan sejenis nya.
    - semak dekat persawahan biasa saya temukan ular jali dan lanang sapi.
  • Tanah
    - tanah yang sedikit gembur, tekstur nya tidak rata, banyak di tumbuhi pepohonan tetapi sedikit lapang dan tempat nya tidak jauh dari air atau sungai. sering saya temukan ular jenis retic/python dan membuat sarang di lubang tanah. ular jenis ini aktif di malam hari dan saya biasa mendapatinya ketika maghrib dan tengah malam.
tulisan di atas adalah sedikit gambaran tempat dan karakter lingkungan ular di daerah yogyakarta utara sesuai dengan pengalaman pribadi, semoga dapat membantu teman para pembaca untuk lebih mengenali karakteristik ular. sebagai himbauan untuk lebih berhati-hati dalam menangkap ular dan selalu perhatikan langkah anda jangan sampai menginjak ular dan tergigit. semoga bermanfaat terimakasih.

{ 0 comments... read them below if any or add comment }

Post a Comment